Kontroversi Pengawasan Nissan: Apakah Pelanggaran Privasi atau Tindakan Sah?

- 29 Juni 2023, 01:25 WIB
Gedung kantor pusat global Nissan Motor Co. terlihat di Yokohama, Jepang pada 22 November 2018.
Gedung kantor pusat global Nissan Motor Co. terlihat di Yokohama, Jepang pada 22 November 2018. /REUTERS/Toru Hanai/File Photo

ZONA PRIANGAN - Nissan telah memasang sistem kamera pengawasan di rumah mantan eksekutifnya, Ashwani Gupta, sehingga tim keamanan internal perusahaan dapat memantau aktivitasnya, demikian menurut temuan awal dari investigasi terhadap pengawasan tersebut yang dilakukan oleh Nissan. Dua orang yang mengetahui laporan tersebut mengungkapkan hal ini.

Nissan telah melakukan penyelidikan terhadap tuduhan bahwa CEO-nya, Makoto Uchida, melakukan pengawasan terhadap eksekutif perusahaan yang kedua dalam jabatan ini, untuk memperoleh keuntungan dalam mengeluarkannya dari perusahaan karena Gupta menentang beberapa ketentuan dalam kesepakatan kemitraan baru dengan Renault. Demikian dilaporkan oleh Reuters pada hari Sabtu.

Para direktur Nissan telah diberikan informasi awal mengenai temuan penyelidikan terhadap tuduhan pengawasan ini dalam sebuah pertemuan dewan pada tanggal 20 Juni di markas perusahaan di Yokohama, kata kedua orang tersebut.

Baca Juga: Nissan akan Merombak Powertrain Listrik untuk Mobil Listrik dan Hibrida demi Pemangkasan Biaya

Laporan awal tersebut menyebutkan bahwa Nissan telah memasang dua set kamera keamanan di pintu masuk rumah Gupta di Shibuya, Tokyo.

Sistem pertama digunakan oleh perusahaan keamanan swasta, sementara sistem kedua dipasang untuk diakses oleh tim keamanan internal Nissan guna memantau Gupta.

Laporan dari firma hukum Amerika Serikat, Davis Polk & Wardwell, tidak menyimpulkan apakah penggunaan kamera oleh Nissan untuk memantau Gupta melanggar hukum atau tidak, dan tidak menjelaskan apakah Gupta menyadari pemantauan tersebut.

Baca Juga: Nissan, Renault dan Mitsubishi Akan Investasikan $25 Miliar untuk Kendaraan Listrik selama 5 Tahun

Reuters tidak dapat mengetahui kapan kamera-kamera tersebut dipasang atau nama perusahaan keamanan swasta yang terlibat.

Halaman:

Editor: Toni Irawan

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x