Tak Perlu Khawatir dengan Kebotakan, Coba Gunakan MiRNA

- 2 Agustus 2020, 03:50 WIB
PARA peneliti telah menemukan molekul khusus yang bisa menumbuhkan lagi rambut.*/PIXABAY /


ZONA PRIANGAN – Para peneliti telah menemukan terobosan baru mengenai molekul khusus yang mampu meningkatkan pertumbuhan rambut dan bisa digunakan untuk obat di masa depan.

Terobosan baru ini memungkinkan dibuatnya krim dan lotion baru daripada tergantung pada transplantasi yang cukup mahal untuk memerangi kebotakan.

Sebuah laboratorium di Amerika Serikat, seperti diberitakan laman Sky News, baru-baru ini tengah melakukan studi pada sel-sel dermal papillae, yang berada di dasar folikel rambut dan mendukung pertumbuhan kembali rambut.

Baca Juga: Warga Karangsalam Pilih Hewan dari Peternak Lokal untuk Kurban

Para ilmuwan membandingkan versi 2D dari sel-sel yang tumbuh di cawan dengan struktur 3D yang disebut spheroid, untuk melihat secepat apa rambut tumbuh lagi pada tikus percobaan.

Tikus yang dirawat dengan sel-sel 3D mampu menumbuhkan lagi 90 persen rambut pengerat ini setelah uji coba selama 15 hari dan 20 hari.

Ini berkat molekul, yang disebut sebagai microRNA (MiRNA), yang memicu folikel rambut tumbuh saat para ilmuwan meningkatkan levelnya.

Baca Juga: Pondok Pesantren Nurul Hasan Dapat Sumbangan Tanah Wakaf

Kini, para peneliti percaya perawatan singkat yang tidak melibatkan menumbuhkan seluruh sel baru, bisa mengobati kebotakan.

Halaman:

Editor: Parama Ghaly

Sumber: Sky News


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X