3.965 Unit Mobil dari Grup Volkswagen Ada di Kapal Kargo Berbendera Panama yang Terbakar di Samudra Atlantik

- 19 Februari 2022, 14:02 WIB
Kapal kargo Felicity Ace membawa ribuan kendaraan dari Grup Volkswagen.
Kapal kargo Felicity Ace membawa ribuan kendaraan dari Grup Volkswagen. /marinha.pt

ZONA PRIANGAN - Felicity Ace, sebuah kapal kargo berukuran jumbo berbendera Panama yang membawa ribuan kendaraan Grup Volkswagen, terbakar di dekat pulau Azores di Samudra Atlantik pada Rabu sore.

22 awak kapal berhasil dievakuasi dan dibawa ke sebuah hotel lokal oleh Angkatan Laut dan Angkatan Udara Portugis, yang dikerahkan untuk membantu upaya penyelamatan, menurut sebuah pernyataan dari Angkatan Laut. Kapal itu sendiri dibiarkan tak berawak dan terombang-ambing.

Sebuah email internal dari operasi Volkswagen AS mengungkapkan ada 3.965 kendaraan Volkswagen AG di atas kapal. Berkantor pusat di Wolfsburg, Jerman, grup tersebut memproduksi merek Volkswagen, Porsche, Audi dan Lamborghini, yang semuanya berada di belakangnya ketika kapal itu terbakar, kata email itu.

Baca Juga: 'Ikatan Cinta' Sabtu 19 Februari 2022: Aroma Mistis Mulai Tercium Terkait Hilangnya Reyna yang Misterius

Lebih dari 100 unit mobil itu menuju Port of Houston di Texas, dengan model GTI, Golf R, dan ID.4 dianggap berisiko, menurut email tersebut. Pukulan terbaru ini datang ketika industri mobil sudah terjerat dalam masalah rantai pasokan yang sedang berlangsung, termasuk kekurangan tenaga kerja karena pandemi dan kekurangan pasokan chip semikonduktor.

Luke Vandezande, juru bicara Porsche, mengatakan perusahaan memperkirakan sekitar 1.100 kendaraannya termasuk di antara yang ada di Felicity Ace pada saat kebakaran. Dia mengatakan pelanggan yang terkena dampak insiden tersebut sedang dihubungi oleh dealer mobil mereka.

"Pikiran kami langsung lega bahwa 22 awak kapal dagang Felicity Ace selamat dan baik-baik saja," kata Vandezande, dikutip ZonaPriangan.com dari Bloomberg.

Baca Juga: Seorang Penguntit Meregang Nyawa setelah Ditembus Peluru oleh Ayah Bintang TikTok Remaja Wanita Idolanya

Ini bukan pertama kalinya pabrikan mobil kehilangan barang dagangannya di laut. Ketika Grande America terbakar dan tenggelam pada 2019, lebih dari 2.000 mobil mewah, termasuk Audi dan Porsche, ikut tenggelam bersamanya.

Halaman:

Editor: Didih Hudaya ZP

Sumber: Bloomberg


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x