Terobosan Terbaru Nvidia: Chip AI B200 Mendobrak Batas Kecepatan!

- 19 Maret 2024, 23:00 WIB
Chip terbaru Nvidia 30 kali lebih cepat dalam beberapa tugas dibandingkan pendahulunya.
Chip terbaru Nvidia 30 kali lebih cepat dalam beberapa tugas dibandingkan pendahulunya. /Reuters

ZONA PRIANGAN - Pada hari Senin, CEO Nvidia, Jensen Huang, memulai konferensi pengembang tahunannya dengan serangkaian pengumuman yang bertujuan untuk menjaga posisi dominan perusahaan chip dalam industri kecerdasan buatan. Di atas panggung arena hoki di Silicon Valley, Huang memperkenalkan chip terbaru Nvidia, yang 30 kali lebih cepat dalam beberapa tugas dibandingkan pendahulunya.

Selain itu, dia juga merinci serangkaian alat perangkat lunak baru untuk membantu pengembang menjual model kecerdasan buatan dengan lebih mudah kepada perusahaan yang menggunakan teknologi dari Nvidia, yang pelanggan-pelanggannya termasuk sebagian besar perusahaan teknologi terbesar di dunia.

Pengumuman chip dan perangkat lunak Nvidia di GTC 2024 akan membantu menentukan apakah perusahaan dapat mempertahankan pangsa pasar 80 persen untuk chip kecerdasan buatan.

Baca Juga: Dell Alienware m18 R2: Laptop Gaming Terbaru dengan Intel Core i9 dan Nvidia RTX 4090!

"Diharapkan Anda sadar bahwa ini bukanlah konser," kata Huang, yang mengenakan jaket kulit khasnya, sambil bercanda bahwa keynote hari itu akan dipenuhi dengan matematika dan ilmu pengetahuan yang padat, dikutip ZonaPriangan.com dari Gadget 360.

Hal ini merupakan pengakuan terhadap bagaimana Nvidia, yang dulunya lebih dikenal di kalangan penggemar game komputer, kini telah mendapatkan pengakuan sebanding dengan raksasa teknologi seperti Microsoft dan menjadi sorotan di Wall Street, dengan penjualan yang lebih dari dua kali lipat dalam tahun fiskal terbarunya untuk melampaui $60 miliar atau sekitar Rp943,9 triliun.

Chip unggulan baru Nvidia, yang disebut B200, mengambil dua buah silikon berukuran sama dengan penawaran sebelumnya dari perusahaan tersebut dan mengikatnya menjadi satu komponen.

Baca Juga: H800, Edisi 'Tweak' dari Chip Andalan Nvidia H100 untuk Tujuan Ekspor ke Cina

Meskipun chip B200 "Blackwell" 30 kali lebih cepat dalam tugas seperti memberikan jawaban dari chatbot, Huang tidak memberikan detail spesifik tentang seberapa baik kinerjanya saat mengolah jumlah data besar untuk melatih chatbot tersebut - yang merupakan jenis pekerjaan yang telah mendorong sebagian besar penjualan Nvidia. Dia juga tidak memberikan rincian harga.

Halaman:

Editor: Toni Irawan

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah