Waspada! Apple Kirim Peringatan Spyware ke Pengguna di 92 Negara

- 11 April 2024, 16:59 WIB
Orang-orang melihat iPhone 15 Pro baru saat iPhone 15 baru Apple secara resmi mulai dijual di seluruh China di sebuah toko Apple di Shanghai, China 22 September 2023.
Orang-orang melihat iPhone 15 Pro baru saat iPhone 15 baru Apple secara resmi mulai dijual di seluruh China di sebuah toko Apple di Shanghai, China 22 September 2023. /REUTERS/Aly Song/File Photo

ZONA PRIANGAN - Beberapa bulan setelah beberapa pemimpin Oposisi mengklaim bahwa mereka menerima pesan peringatan tentang "hacker yang disponsori negara" yang mencoba mengakses iPhone mereka, raksasa teknologi tersebut telah mengirimkan peringatan "perangkat lunak mata-mata bayaran" kepada penggunanya di 92 negara, termasuk India. Pemberitahuan itu dikirimkan semalam, seperti dilaporkan oleh NDTV.

Pernyataan Apple tentang pemberitahuan itu juga menyebutkan perangkat lunak mata-mata Pegasus, yang menimbulkan badai politik pada tahun 2021 atas tuduhan bahwa pemimpin Oposisi termasuk di antara yang disadap.

Mengikuti pernyataan pengembang Pegasus NSO Group bahwa kliennya hanya pemerintah yang telah disaring dan lembaga mereka, Oposisi telah meminta Pusat untuk bersikap jujur tentang masalah tersebut.

Baca Juga: Bocoran Terbaru: Kapasitas Baterai iPhone 16 Series Terungkap!

Sebuah panel Mahkamah Agung tidak menemukan perangkat lunak mata-mata di ponsel dari 29 pengadu dalam kasus tersebut.

"Perangkat Lunak Mata-Mata Bayaran"

Pernyataan Apple mengatakan pemberitahuan tersebut dirancang untuk menginformasikan dan membantu pengguna yang mungkin telah secara individu ditargetkan oleh serangan perangkat lunak mata-mata bayaran," mungkin karena siapa mereka atau apa yang mereka lakukan".

"Serangan seperti ini jauh lebih kompleks daripada aktivitas kejahatan cyber reguler dan malware konsumen, karena penyerang perangkat lunak mata-mata bayaran menerapkan sumber daya yang luar biasa untuk menargetkan sejumlah kecil individu dan perangkat mereka.

Baca Juga: Lebih Dekat dengan iPhone 16: Inovasi Desain dan Fitur Terbaru

Serangan perangkat lunak mata-mata bayaran menghabiskan jutaan dolar dan sering memiliki umur yang singkat, sehingga jauh lebih sulit dideteksi dan dicegah.

Halaman:

Editor: Toni Irawan

Sumber: NDTV


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah