Inilah Ucapan Selamat Ramadan dalam Berbagai Bahasa

- 12 Maret 2024, 04:11 WIB
Ucapan selamat Ramadan dalam berbagai bahasa.*
Ucapan selamat Ramadan dalam berbagai bahasa.* /Aljazeera

ZONA PRIANGAN – Saat ini ada sekitar 1,9 miliar pemeluk agama Islam di seluruh dunia, hampir 25 persen populasi dunia. Indonesia memiliki populasi Muslim paling tinggi di dunia yakni sebanyak 240 juta orang. Pakistan menempati peringkat kedua dengan jumlah Muslim 225 juta, diikuti India (211 juta), Bangladesh (155 juta), dan Nigeria (111 juta).

Banyak Muslim di seluruh dunia mempersiapkan untuk beribadah puasa selama sebulan dan akan menyambutnya dengan suka cita.

Bulan Ramadan dimulai dengan penampakan bulan baru atau hilal, dan biasanya diikuti dengan kemeriahan ucapan selamat datang pada bulan penuh keberkahan ini.

Baca Juga: Bacaan Niat Berpuasa Ramadhan Satu Bulan Penuh, Lengkap dengan Terjemahannya

Berbagai negara yang mayoritas Muslim memiliki ucapan selamat saat bulan yang ditunggu-tunggu ini tiba, dan setiap negara memiliki ucapan yang khas dalam bahasa aslinya.

Di antara yang paling biasa diucapkan adalah “Ramadan Mubarak” dan “Ramadan Kareem” yang berasal dari bahasa Arab, bila diterjemahkan artinya “Ramadan yang Diberkahi” dan “Ramadan yang Mulia”.

Ucapan selamat tidak dibatasi pada bahasa ucapan. Tetapi juga berkembang menjadi bahasa isyarat dan huruf Braile.

Baca Juga: Cuaca Panas di Saudi Arabia: Tips dan Trik agar Calon Haji Tetap Fit dan Sehat

Beberapa negara memiliki versi bahasa isyaratnya masing-masing, tetapi menempatkan satu tangan secara horisontal pada mulut merupakan bahasa isyarat yang paling umum untuk menandakan puasa.

Halaman:

Editor: Didih Hudaya ZP

Sumber: Arab News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah