Inilah Kendaraan Listrik Pertama di Jabar Karya Itenas Berjuluk Sergap Senyap, Bikin Bangga Gubernur

- 5 November 2020, 13:03 WIB
Inilah Kendaraan Listrik Pertama di Jabar Karya Itenas Berjuluk Sergap Senyap Electric Vehicle, Bikin Bangga Gubernur.
Inilah Kendaraan Listrik Pertama di Jabar Karya Itenas Berjuluk Sergap Senyap Electric Vehicle, Bikin Bangga Gubernur. /Zonapriangan/Yurri Erfansyah

ZONA PRIANGAN - Pada acara Peringatan Hari Listrik Nasional Tingkat Provinsi Jawa Barat pada Senin 2 November 2020, yang mengangkat tema “Listrik Masa Depan, untuk Jawa Barat Juara Lahir Batin”.

Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi yang mengirimkan mobil listriknya.

Mobil listrik tersebut diberi nama "Itenas Sergap Senyap Electric Vehicle". Kendaraan ini merupakan produk pengembangan mobil listrik ke tiga dengan spesifikasi pertahanan militer yang memiliki kapasitas dua penumpang dengan perlengkapan air cannon yang dilengkapi peluru seberat tiga kilogram serta memiliki kekuatan gempur 5000 Newton.

Baca Juga: Pamer PS5 di Sosmed, Ternyata Netizen Gunakan Filter Ini, Mirip Banget dengan Aslinya

Humas Itenas Bandung, Taufik Nugraha, mengatakan, mobil listrik untuk kebutuhan khusus militer ini diinisiasi pada penelitian yang dilakukan oleh dosen Program Studi Teknik Mesin Itenas Bandung yaitu Tarsisius Kristyadi.

"Sebelumnya Itenas sudah meluncurkan mobil listrik pertamanya, yaitu kendaraan jenis cross over yang diluncurkan pada Tahun 2017 lalu. Mobil listrik dengan kapasitas 5 penumpang ini diberi nama Evhero Electric Crossover Gen.1, atau lebih dikenal dengan Mobil Listrik Evhero," papar Taufik.

Kemudian, jelas Taufik, selama 101 hari di tahun berikutnya yaitu pada Mei hingga Agustus 2018, Itenas Bandung juga merancang mobil listrik kedua yang diberi nama V8 Vadi dan diluncurkan pada bulan September 2018.

Baca Juga: 2021, Ridwan Kamil Akan Ganti Kendaraan Dinas ASN Pakai Listrik, Jabar Jadi Provinsi Pertama

"Bila mobil listrik Evhero adalah hasil perwujudan dari penelitian kolaboratif antar dosen di Itenas Bandung, V8 Vadi adalah hasil kolaborasi antara kampus Itenas Bandung bersama technopreneur Harry Kiss," ujarnya.

Halaman:

Editor: Yurri Erfansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah