Ikan Marlin Resmi Sebagai Ikon Pariwisata Pangandaran

- 2 Juli 2020, 23:13 WIB
KONSEPTOR desain logo ikan marlin Asep Yudi Rohendi atau Dolpin (36) saat pemaparan di depan Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata.*/MUSLIH JERRY/KABAR PRIANGAN /

ZONA PRIANGAN - Tugu ikan marlin yang berada di bunderan Pantai Pangandaran dan beberapa tempat lainnya merupakan ikon kebanggaan bagi Kabupaten Pangandaran.

Pemerintah Daerah menjadikan ikan marlin sebagai ikon dan pendukung tagline World Class Destinastion.

Para kepala SKPD, Camat, Kepala Desa dan pelaku Usaha di Kabupaten Pangandaran diminta untuk menyebarluaskan dan menggunakan ikon ikan Jangilus (marlin) dan tagline World Class Destination.

Konseptor desain logo ikan marlin Asep Yudi Rohendi atau Dolpin (36) mengatakan, ikan Jangilus dipilih sebagai ikon Kabupaten Pangandaran karena mempunyai filosofi logo sebagai semangat dan spirit Pangandaran hebat, atraktif lincah dan kuat, bergaya lompat ke atas sebagai simbol meraih kejayaan.

"Makna logo ikon Jangilus, diambil dari filosofi hari jadi Kabupaten Pangandaran pada tanggal 25 Oktober 2012," ungkapnya.

Menurutnya, rincian yang terdapat pada ikan marlin ada 25 ruas pada darsal fin jangilus yang diambil dari tanggal lahir.

Terdapat 10 motif khas camouflag jangilus diambil dari bulan lahir, untuk tahunnya sendiri dilambangkan dengan sudut lompat jangilus yaitu adanya kemiringan 12 derajat.

"Tagline World Class Destination dapat diartikan sebuah pelaksanaan, pencapaian dan sasaran Kabupaten Pangandaran menjadi tujuan wisata mancanegara," tuturnya.

Warna biru klasik digunakan sebagai warna dasar logo ikan marlin yaitu mempunyai arti sebagai warna yang membawa rasa damai dan tenang bagi jiwa manusia.

Halaman:

Editor: Parama Ghaly


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X