Apple Menghadapi Investigasi Antimonopoli atas Dominasi Pasar di Jerman

- 24 Juni 2021, 07:02 WIB
Apple menghadapi investigasi antimonopoli atas dominasi pasar di Jerman.
Apple menghadapi investigasi antimonopoli atas dominasi pasar di Jerman. /NDTV.COM

ZONA PRIANGAN - Pengawas antimonopoli Jerman mengatakan pada Senin, 21 Juni 2021 bahwa pihaknya telah mengadakan penyelidikan antimonopoli.

Apakah Apple mengeksploitasi dominasi pasarnya, mengikuti proses serupa seperti kompetitornya sesama perusahaan teknologi asal Amerika Serikat seperti Facebook, Amazon, dan Google.

Berdasarkan aturan undang-undang persaingan terbaru yang khusus ditujukan untuk raksasa perusahaan digital, Kantor Kartel Federal Jerman (FCO) mengatakan akan menilai secara rinci praktik spesifik dari Apple.

Baca Juga: Apple Meraih Pendapatan Maksimum Smartphone di Kuartal Pertama 2021, Samsung Memimpin dalam Pengiriman

"Berdasarkan proses pertama ini, (FCO) bermaksud untuk menilai secara lebih rinci praktik spesifik Apple dalam kemungkinan proses lebih lanjut. Dalam hal ini, otoritas telah menerima berbagai keluhan yang berkaitan dengan praktik anti-persaingan," kata juru bicara Kantor Kartel Federal Jerman (FCO), dikutip ZonaPriangan.com dari NDTV, Selasa 22 Juni 2021.

FCO mengatakan, satu keluhan datang dari asosiasi di industri periklanan dan media dan ditujukan kepada raksasa teknologi yang berbasis di Kota Cupertino, California, Amerika Serikat itu yang membatasi pelacakan pengguna dengan memperkenalkan sistem operasi iOS 14.5-nya.

"Kami berharap dapat mendiskusikan pendekatan kami dengan FCO dan melakukan dialog terbuka tentang kekhawatiran mereka," kata seorang juru bicara Apple yang menanggapi upaya FCO untuk melakukan investigasi terhadap Apple terkait dugaan pelanggaran antimonopoli Jerman.***

Editor: Didih Hudaya ZP

Sumber: NDTV


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x