Yuk Kenalan dengan Klandizie dan Serenitree! Perempuan Pelaku UMKM yang Memiliki Bisnis Ramah Lingkungan

- 20 April 2024, 16:32 WIB
kisah inspiratif perempuan pelaku UMKM yang memiliki bisnis ramah lingkungan, yaitu Serenitree dan Klandizie.
kisah inspiratif perempuan pelaku UMKM yang memiliki bisnis ramah lingkungan, yaitu Serenitree dan Klandizie. /dok/

ZONA PRIANGAN - Menyambut Hari Kartini dan Hari Bumi pada 21 April dan 22 April 2024, kian semarak dengan gerakan memberdayakan perempuan pelaku UMKM dan membantu pelaku usaha yang bergerak di bisnis ramah lingkungan untuk mencapai lebih lewat pemanfaatan teknologi.

Communications Senior Lead Tokopedia, Antonia Adega mengaku bahwa peran UMKM sangat penting dalam pembangunan ekonomi nasional, dan sudah ada lebih dari 21 juta penjual dan hampir 100% pelaku UMKM lokal, termasuk perempuan pelaku UMKM yang memiliki bisnis ramah lingkungan.

Berawal dari bisnis kecil-kecilan, Klandizie bisa berdayakan masyarakat sekitar

Baca Juga: Masaba Gupta Mengumumkan Kehamilan dengan Cara Kreatif!

Tertarik dengan isu lingkungan, Yani Suryani dan Amanda, mendirikan Klandizie sebagai bisnis kecil-kecilan untuk menjual barang ramah lingkungan preloved di toko online ini. 

Sesuai dengan makna di balik nama Klandizie yang berarti good will, bisnis ini menerapkan konsep sustainability dan zero waste dengan produk perlengkapan kebersihan tubuh seperti sikat gigi dan sisir dari bambu.

Co-Founder Klandizie, Amanda mengatakan, “Dalam menghasilkan produk, Klandizie selalu melakukan riset komprehensif agar bahan yang digunakan aman untuk pelanggan dan betul-betul ramah lingkungan. Kami berusaha mengurangi plastik berbasis minyak bumi baik pada produk maupun kemasan serta bahan yang digunakan mayoritas berasal dari Jawa Barat. Kami juga memberdayakan perajin dari Bandung, Cimahi dan Banten.”

Baca Juga: Taylor Swift Merilis Album Terbaru: 'The Tortured Poets Department'

Berangkat dari masalah kulit sensitif, pendiri Serenitree formulasikan sabun organik efektif

Halaman:

Editor: Yurri Erfansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x