Indonesia Membuka Akses Sementara ke PayPal setelah Melakukan Pemblokiran

- 2 Agustus 2022, 11:00 WIB
Logo aplikasi PayPal terlihat di ponsel dalam foto ilustrasi ini 16 Oktober 2017.
Logo aplikasi PayPal terlihat di ponsel dalam foto ilustrasi ini 16 Oktober 2017. /REUTERS/Thomas White/Ilustrasi/File Photo

ZONA PRIANGAN - Indonesia untuk sementara membuka akses ke perusahaan pembayaran online PayPal yang memungkinkan penggunanya dapat mengakses uang mereka, kata seorang pejabat senior pada hari Minggu, setelah pemblokiran beberapa layanan dan game online di negara itu yang memicu protes.

Kementerian Komunikasi Indonesia pada hari Sabtu memblokir PayPal, situs mesin pencari Yahoo, dan beberapa layanan game karena kegagalan untuk memenuhi tenggat waktu di bawah aturan lisensi.

Registrasi diperlukan berdasarkan aturan yang dirilis pada akhir November 2020 dan akan memberi otoritas kekuasaan luas untuk memaksa platform mengungkapkan data pengguna tertentu dan menghapus konten yang dianggap melanggar hukum atau yang "mengganggu ketertiban umum".

Baca Juga: 'Ikatan Cinta' Selasa 2 Agustus 2022: Sienna Tak Percaya Elsa, Mereka Berkonflik, Ricky Jadi Korban Adu Domba

Semuel Abrijani Pangerapan, seorang pejabat senior di Kementerian Komunikasi Indonesia, mengatakan pada briefing online pada hari Minggu bahwa pemerintah membuka akses ke PayPal selama lima hari kerja.

“Mudah-mudahan itu cukup waktu bagi pengguna untuk bermigrasi, mendapatkan uang mereka dan menemukan layanan lain,” katanya, seraya menambahkan bahwa belum ada komunikasi dari PayPal.

Pada Sabtu, ribuan komentar yang mengkritik pemblokiran layanan digital tidak terdaftar oleh pemerintah membanjiri unggahan Instagram Kementerian Komunikasi.

Baca Juga: HRSC Musim Ke-3 Mulai Bergulir Hadirkan Tantangan Baru dengan Membuka Kompetisi Internasional

Banyak pesan mengatakan langkah pemerintah itu merugikan industri game online Indonesia dan pekerja lepas yang menggunakan PayPal.

Halaman:

Editor: Didih Hudaya ZP

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x