Ini 10 Poin Bagaimana Perang Rusia-Ukraina Bisa Sangat Menakutkan bagi Pasar Keuangan Global

- 24 Agustus 2022, 11:51 WIB
Bagaimana perang Ukraina-Rusia mengguncang pasar keuangan global.
Bagaimana perang Ukraina-Rusia mengguncang pasar keuangan global. /NDTV

ZONA PRIANGAN - Lebih dari enam bulan sejak Rusia menginvasi Ukraina dalam apa yang disebut Moskow sebagai "operasi militer khusus", ribuan orang telah tewas, jutaan kehilangan tempat tinggal dan dunia telah menyaksikan ketegangan Timur-Barat terburuk sejak Perang Dingin.

Kejadian ini juga telah melemparkan pasar keuangan global ke dalam kekacauan parah seperti yang ditunjukkan 10 poin di bawah ini, seperti dikutip ZonaPriangan dari NDTV, 24 Agustus 2022.

1. Ketakutan resesi:

Resesi sekarang terlihat hampir pasti di Eropa karena harga gas, yang penting untuk rumah tangga dan industri, lebih dari tiga kali lipat sejak Juni saja di tengah kekhawatiran Rusia akan memotong pasokannya, yang mungkin mengarah pada penjatahan energi di beberapa negara.

Baca Juga: Momen Mengerikan, Hujan 'Bom Termit' Turun di Wilayah Marinka, Bisa Melelehkan Tubuh Membakar sampai ke Tulang

Namun Bank Sentral Eropa, Bank of England dan bank sentral lainnya bertekad untuk menghancurkan inflasi biaya energi spiral bahan bakar, bahkan jika suku bunga yang lebih tinggi terikat untuk lebih menekan rumah tangga dan perusahaan berjuang dengan kenaikan biaya. (Graphic - Recession Bound).


2. Sektor pertanian digerogoti

Pasar pertanian digerogoti setelah invasi tetapi terbukti sangat fleksibel sejak itu. Gandum dan jagung - ekspor utama Ukraina dan Rusia - telah turun kembali setelah lonjakan harga awal, sementara sumber pendapatan utama Moskow, minyak, sekarang berkurang dibandingkan saat invasi dimulai. (Graphic - Six Months Of The Ukraine War).

3. Harga energi dan inflasi:

Halaman:

Editor: Didih Hudaya ZP

Sumber: NDTV


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x