Tingkatkan Kemampuan 315 UMKM Tasikmalaya, Visa Gagas Inisiatif Melalui Program 'Ibu Berbagi Bijak 2023'

- 20 Oktober 2023, 16:25 WIB
Tingkatkan Kemampuan 315 UMKM Tasikmalaya, Visa Gagas Inisiatif Melalui Program 'Ibu Berbagi Bijak 2023'.
Tingkatkan Kemampuan 315 UMKM Tasikmalaya, Visa Gagas Inisiatif Melalui Program 'Ibu Berbagi Bijak 2023'. /dok. Visa/

ZONA PRIANGAN – Program 2023 Ibu Berbagi Bijak, yang merupakan program literasi keuangan tahunan yang diinisiasi oleh Visa, di mulai sejak tahun 2017 dengan satu tujuan memberdayakan pengusaha perempuan untuk mendapatkan keterampilan pengelolaan keuangan yang lebih baik dan mengembangkan bisnis mereka.

Dalam perjalanannya, program ini telah berhasil meningkatkan kemampuan 315 perempuan pemilik UMKM di Tasikmalaya dalam hal pengelolaan keuangan, pemanfaatan platform digital, serta branding dan pemasaran melalui serangkaian workshop, mentoring, dan business matching.

Bekerjasama dengan Maxi Consulting, program Ibu Berbagi Bijak 2023 didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan UMKM, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan pemerintah Kabupaten Tasikmalaya.

Baca Juga: Percepat Digitalisasi UMKM di Jabar, Visa Bantu Pelaku UMKM di Tasikmalaya untuk Go Digital dan Go Global

Presiden Direktur Visa Indonesia, Riko Abdurrahman, mengatakan, inisiatif Ibu Berbagi Bijak ini tidak hanya memperkuat komitmen pihaknya dalam mengembangkan UMKM, namun juga menyoroti kontribusi tak ternilai dari para wirausahawan perempuan terhadap perekonomian Indonesia.

Penutupan program #IbuBerbagiBijak 2023 yang digelar secara online, Kamis 19 Oktober 2023.
Penutupan program #IbuBerbagiBijak 2023 yang digelar secara online, Kamis 19 Oktober 2023. /dok. Visa/

"Kami senang dapat berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan finansial dan digital para perempuan pemilik UMKM di Singaparna melalui program ini," ujarnya saat penutupan program #IbuBerbagiBijak yang digelar secara online, Kamis 19 Oktober 2023.

Lebih lanjut Riko menuturkan, bagi peserta yang aktif mengikuti program, kemajuannya dapat terlihat. Selama periode penilaian yang dilakukan oleh Maxi Consulting sebelum pelaksanaan program ini, ditemukan bahwa lebih dari separuh (59%) UMKM tidak memiliki buku kas untuk mengelola bisnis mereka.

Baca Juga: Kemeriahan Shopee 11.11 Big Sale Bersama JKT48, Shopee Dorong Transformasi Bisnis Brand Lokal dan UMKM

Halaman:

Editor: Yurri Erfansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x