Dibalik Layar Eras Tour Taylor Swift: Kisah Keberhasilan Miliar Dolar

- 11 Desember 2023, 12:00 WIB
Taylor Swift saat tampil di stadion Monumental saat konser Eras Tour di Buenos Aires, Argentina, Kamis, 9 November 2023.
Taylor Swift saat tampil di stadion Monumental saat konser Eras Tour di Buenos Aires, Argentina, Kamis, 9 November 2023. /AP Photo/Natacha Pisarenko

ZONA PRIANGAN - Eras Tour Taylor Swift adalah tur pertama yang mencapai nilai miliar dolar, menurut data akhir tahun 2023 dari Pollstar.

Bukan hanya menjadi tur No. 1 secara global dan di Amerika Utara, Eras Tour milik Swift juga berhasil meraup $1,04 miliar atau sekitar Rp16,1 triliun dengan penjualan tiket sebanyak 4,35 juta tiket dalam 60 tanggal tur, demikian dilaporkan oleh publikasi perdagangan konser tersebut.

Data Pollstar diperoleh dari laporan penjualan tiket box office, perkiraan kapasitas tempat, data penjualan tiket Pollstar dari tempat-tempat konser sebelumnya, dan penelitian lain yang tidak dijelaskan, yang dikumpulkan mulai 17 November 2022 hingga 15 November 2023.

Baca Juga: Mengungkap Dampak Psikologis: Taylor Swift tentang Kontroversi Telepon dengan Kanye West

Perwakilan dari publikasi tersebut belum menjelaskan apakah mereka menyesuaikan data tur sebelumnya dengan inflasi tahun 2023 untuk menyatakan Swift sebagai orang pertama yang melebihi batas miliar dolar.

Pollstar juga menemukan bahwa Swift menghasilkan sekitar $200 juta dari penjualan merchandise dan film adaptasi blockbuster tur tersebut, "Taylor Swift: The Eras Tour," dilaporkan berhasil menghasilkan sekitar $250 juta dalam penjualan, menjadikannya film konser dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa.

Menurut perkiraan mereka, Pollstar memprediksi tahun 2024 yang sukses untuk Swift juga.

Baca Juga: Taylor Swift Raih Penghargaan 'Person of the Year' Versi Majalah TIME

Majalah tersebut memproyeksikan bahwa Eras Tour sekali lagi akan mencapai $1 miliar atau sekitar Rp15,5 triliun dalam jendela kelayakan mereka, yang berarti Swift kemungkinan akan menghasilkan lebih dari $2 miliar atau sekitar Rp31 triliun selama tur.

Halaman:

Editor: Toni Irawan

Sumber: AP News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah