Jembatan Gantung di Majalengka Terputus, Warga Terpaksa Cari Alternatif Jalan

- 10 Januari 2023, 10:04 WIB
 jembatan gantung yang menghubungkan Desa Talaga Kulon dengan Blok Cilengsar, Desa Campaga, Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka terputus.
jembatan gantung yang menghubungkan Desa Talaga Kulon dengan Blok Cilengsar, Desa Campaga, Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka terputus. /Zonapriangan.com/Rachmat Iskandar ZP

ZONA PRIANGAN - Sebuah jembatan gantung yang menghubungkan Desa Talaga Kulon dengan Blok Cilengsar, Desa Campaga, Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka sepanjang kurang lebih 30 m dengan lebar 1 meter terputus, Minggu (8/1/2022) sore.

Tidak ada korban jiwa pada musibah putusnya jembatan yang dibangun Tahun 2018 tersebut. Karena kebetulan saat putusnya jembatan tidak ada yang tengah melintas.

Sebagian jembatan kini mengambang diatas air Sungai Cilutung yang sempat meluap akibat banjir setelah hujan deras selama kurang lebih tiga jaman, konisi tersebut akibat satu tali bagian atas putus. Semula tali baja tersebut dipancangkan ke tiang beton.

Baca Juga: Diduga Korsleting, Sebuah Mobil Terbakar di Majalengka

Permukaan air sungai yang biasanya sekitar 1,5 meteran ke bagian lantai jembatan, kini sebagian lanti atau permukaan jembatan berada di permukaan air sungai. Beruntung jembatan tidak terbawa arus sungai karena sebagian tali masih mengikat.

Nono warga Desa Campaga mengungkapkan, putusnya tali jembatan gantung ini terjadi sekitar pukul 16.00 WIB setelah hujan deras di wilayah tersebut selama kurang lebih tiga jam. Namun air langsung meluap hingga kepermukaan jembatan.

Akibatnya jembatan goyang akibat derasnya air. Kondisi ini diperparah dengan banyaknya sampah yang nyangkut di dinding pengaman sungai yang terbuat dari ram kawat. Beban jembatan semakin berat hingga akhirnya tali pancang jembatan putus.

Baca Juga: BMKG Ramalkan Intensitas Hujan di Bandung Januari 2023 Turun

Kepala Dusun Talaga Kulon H Pepet menyebutkan, jembatan tersebut dibangun tahun 2018 oleh PT Telkom bersama Kodam III Siliwangi untuk memperpendek jarak tempuh antara Talaga kulon dengan Blok Cilengsar.

Halaman:

Editor: Yudhi Prasetiyo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah