Patung Iskandar yang Agung Ditemukan di Mesir, Lalu di Manakah Makamnya ?

- 14 September 2021, 08:00 WIB
Aleksander III dikenal sebagai Iskandar yang Agung, raja Yunani yang menguasai kerajaan Yunani kuno Macedonia.*/greekcitytimes.com/
Aleksander III dikenal sebagai Iskandar yang Agung, raja Yunani yang menguasai kerajaan Yunani kuno Macedonia.*/greekcitytimes.com/ /

ZONA PRIANGAN – Kementerian Barang Antik Mesir telah menemukan sebuah patung Iskandar yang Agung (Alexander the Great) di ‘zona hunian dan komersial’ kuno di Iskandariah yang dipercaya sebagai pusat perdagangan semasa periode Ptolemik.

Setelah 9 bulan penggalian, para arkeolog akhirnya membuat penemuan penting ini.

Di situs penemuan, tim menemukan cetakan untuk patung-patung Iskandar yang Agung, selain patung dada dari pualam yang menggambarkan sang pemimpin kuno legendaris tersebut.

Baca Juga: Walaupun PPKM Level 2, Objek Wisata di Kabupaten Majalengka Masih Sepi

Di antara barang-barang yang ditemukan ada bahan-bahan untuk membuat jimat para prajurit.

Saat mereka mengeksplorasi al-Shatby tetangga Iskandariah, “misi tersebut menemukan jaringan besar tangki terowongan yang dicap pink untuk menampung hujan, banjir, dan air tanah yang digunakan saat kemarau,” kata Mostafa Waziri, Sekretaris Jenderal Dewan Tertinggi Barang Antik Mesir, kepada lembaga berita Xinhua, yang dilansir wionews.com.

Waziri kemudian menggambarkan tata letak kota tersebut: “Kota ini terdiri dari jalanan utama dan beberapa cabang yang semuanya terhubung oleh jaringan sanitasi.”

Baca Juga: Mengerikan! Ular Black Mamba Sepanjang 2,2 meter Ditemukan Menggantung di Atap Rumah

Ia yakin kawasan tersebut masih aktif antara abad ke-2 dan ke-4 sebelum Masehi.

Halaman:

Editor: Yudhi Prasetiyo


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X