IMF Peringatkan Sanksi Keuangan terhadap Rusia Dapat Mengancam Dominasi Dolar

- 1 April 2022, 13:15 WIB
IMF peringatkan sanksi keuangan terhadap Rusia dapat mengancam dominasi Dolar.
IMF peringatkan sanksi keuangan terhadap Rusia dapat mengancam dominasi Dolar. /Reuters

ZONA PRIANGAN - Sanksi keuangan yang dikenakan terhadap Rusia dapat mengancam untuk secara bertahap untuk melemahkan dominasi dolar AS dan dapat mengakibatkan sistem moneter internasional yang lebih terfragmentasi, Gita Gopinath, Wakil Direktur Pelaksana Pertama IMF, mengatakan kepada The Financial Times.

Rusia telah dijatuhi dengan sejumlah sanksi dari Amerika Serikat dan sekutunya atas invasi pada akhir Februari ke Ukraina. Rusia menyebut invasi itu sebagai 'operasi khusus' untuk melucuti senjata negara tetangganya.

"Dolar akan tetap menjadi mata uang global utama bahkan di lanskap itu tetapi fragmentasi pada tingkat yang lebih kecil tentu sangat mungkin," kata Gopinath kepada surat kabar itu dalam sebuah wawancara, menambahkan bahwa beberapa negara sudah menegosiasikan kembali mata uang yang mereka bayarkan untuk perdagangan.

Baca Juga: Terkini: Depot Minyak Rusia yang Besar Terbakar Saat Ukraina Menyerang Sisi Perbatasan Putin

Dia mengatakan bahwa perang juga akan memacu adopsi keuangan digital, dari cryptocurrency hingga stablecoin dan mata uang digital bank sentral.

Gopinath mengatakan kepada FT bahwa penggunaan mata uang lain yang lebih besar dalam perdagangan global akan mengarah pada diversifikasi lebih lanjut dari aset cadangan yang dipegang oleh bank sentral nasional.

Dia sebelumnya mengatakan sanksi terhadap Rusia tidak menandakan kehancuran dolar sebagai mata uang cadangan dan bahwa perang di Ukraina akan memperlambat pertumbuhan ekonomi global tetapi tidak akan menyebabkan resesi global.***

Editor: Didih Hudaya ZP

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x