Dolar Mencapai Level Tertinggi dalam 20 Tahun Terakhir karena Fed Menaikkan Suku Bunga Lebih Lama

- 31 Agustus 2022, 14:00 WIB
Uang kertas Dolar AS terlihat dalam ilustrasi ini yang diambil pada 17 Juli 2022.
Uang kertas Dolar AS terlihat dalam ilustrasi ini yang diambil pada 17 Juli 2022. /REUTERS/Dado Ruvic/Ilustrasi

ZONA PRIANGAN - Dolar AS melonjak ke level tertinggi dalam 20 tahun terhadap beberapa mata uang pada hari Senin setelah Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengisyaratkan suku bunga akan dipertahankan lebih tinggi lebih lama untuk menurunkan inflasi yang melonjak.

Indeks dolar naik ke puncak baru dua dekade di 109,4 di awal perdagangan Asia, dengan kekuatan greenback mendorong mata uang utama lainnya ke posisi terendah baru dan memberi tekanan pada mitra pasar negara berkembang.

Dolar mencapai 138,59 terhadap yen Jepang di awal perdagangan Asia, tertinggi sejak 21 Juli. Terakhir naik 0,59% menjadi 138.485. Yuan juga jatuh ke level terendah baru dalam dua tahun terakhir di 6,9321 per dolar.

Baca Juga: Mutiara Besar Bernilai Ribuan Dolar Ditemukan Pria New Jersey dalam Hidangan Kerang Restoran Favorit

Sterling jatuh ke level terendah 2-1/2 tahun di $1,1656 dan terakhir turun 0,5% menjadi $1,16715, sementara euro turun 0,36% menjadi $0,9929.

Pergerakan itu memperpanjang kenaikan dolar yang dibuat pada hari Jumat ketika Powell memperingatkan akan ada "kesakitan" bagi rumah tangga dan bisnis karena Fed akan membutuhkan waktu untuk mengendalikan inflasi.

"Powell menjelaskan bahwa tidak ada poros dovish seperti yang diperkirakan beberapa pelaku pasar," kata Carol Kong, rekan senior untuk strategi mata uang dan ekonomi internasional di Commonwealth Bank of Australia, dikutip ZonaPriangan.com dari Reuters.

Baca Juga: Preman Pensiun 6 Episode 11, Rabu 31 Agustus 2022: Bubun Jadi Incaran, Hasrat Murad Terpenuhi, Kang Mus Gusar

"Saya pikir untuk minggu ini, (indeks dolar AS) akan melacak lebih tinggi lagi menuju 110 poin, sama seperti pelaku pasar terus mempertimbangkan siklus pengetatan yang lebih agresif oleh bank sentral utama," tambahnya.

Halaman:

Editor: Didih Hudaya ZP

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x