Istanbul dan Dubai Menjadi Tujuan Orang Kaya Rusia untuk Mengamankan Asetnya dari Sanksi Barat

- 30 Maret 2022, 13:41 WIB
Istanbul dan Dubai menjadi tujuan orang kaya Rusia untuk mengamankan asetnya dari sanksi Barat.
Istanbul dan Dubai menjadi tujuan orang kaya Rusia untuk mengamankan asetnya dari sanksi Barat. /Reuters

ZONA PRIANGAN - Setelah invasi Moskow ke Ukraina dan sanksi Barat diterapkan, banyakn orang kaya Rusia menggelontorkan uang ke sektor real estat di Turki dan Uni Emirat Arab, mencari surga finansial, menurut banyak perusahaan properti.

"Kami menjual tujuh hingga delapan unit ke Rusia setiap hari," kata Gul Gul, salah satu pendiri perusahaan real estat Golden Sign di Istanbul, dikutip ZonaPriangan.com dari Reuters.

"Mereka membeli secara tunai, mereka membuka rekening bank di Turki atau mereka membawa emas," tambahnya.

Baca Juga: Will Smith Meminta Maaf, Joe Rogan Mengecamnya karena Insiden Penamparan Chris Rock Jadi Preseden Mengerikan

Di Dubai, Thiago Caldas, CEO perusahaan properti Modern Living, telah menyewa tiga agen berbahasa Rusia untuk memenuhi minat Rusia, yang katanya telah melonjak sepuluh kali lipat.

Sanksi yang dijatuhkan sejak invasi 24 Februari termasuk pengecualian Rusia dari sistem perbankan SWIFT, dan penargetan individu seperti oligarki yang dianggap dekat dengan Presiden Vladimir Putin.

Sementara Turki dan Uni Emirat Arab telah mengkritik serangan Rusia, Ankara menentang sanksi non-PBB terhadap Rusia dan kedua negara memiliki hubungan yang relatif baik dengan Moskow dan masih mengoperasikan penerbangan langsung, berpotensi menawarkan rute keluar untuk Rusia dan uang mereka.

Baca Juga: Cadangan Emas Rusia Memberi Putin Beberapa Pilihan, Sanksi Barat Telah Membekukan Sebagian Cadangan Devisa

"Mereka adalah orang Rusia yang kaya tetapi bukan oligarki," kata Gul dari Golden Sign, satu dari selusin perusahaan real estate yang diwawancarai oleh Reuters.

Halaman:

Editor: Didih Hudaya ZP

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x