Jelang Idul Adha, Harga Telur dan Bayam Naik, Daging Sapi dan Kerupuk Udang Turun

- 18 Juli 2020, 05:05 WIB
SUASANA di pintu masuk Pasar Manis Ciamis, harga kebutuhan pokok cenderung stabil.*/AGUS BERRIE/KABAR PRIANGAN
SUASANA di pintu masuk Pasar Manis Ciamis, harga kebutuhan pokok cenderung stabil.*/AGUS BERRIE/KABAR PRIANGAN /

ZONA PRIANGAN - Dalam menghadapi Idul Adha 1431 Hijriyah, berdasarkan pantauan Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kabupaten Ciamis, belum adanya lonjakan harga di UPTD pasar Pemda yang dikelolanya.

Bahkan pihak dinas mengklaim jika mendekati hari-H Idul Adha nanti, harga akan tetap stabil.

"Hingga sementara, laporan yang kami terima di 4 UPTD Pasar Pemda, belum ada lonjakan yang signifikan, khususnya sembako, malah ada sebagian yang turun harga," terang Kadis KUKMP Ciamis, David Firdha, SH., MM, ditemui di ruang kerjanya, Jumat, 17 Juli 2020.

Baca Juga: Percaya atau Tidak, Kemenangan Persib Dibantu Air Kencing?

David mengutarakan, berdasarkan hasil pemantauan di Pasar Manis Ciamis, Pasar Sindangkasih, Pasar Kawali dan Pasar Banjarsari, untuk fluktuasi harga, perubahan kenaikan harga paling rendah adalah telur ayam (Pasar Ciamis).

Sedangkan perubahan kenaikan harga paling tinggi adalah Bayam (pasar Ciamis), Buncis (Pasar Sindangkasih), Ketimun (Pasar Banjarsari).

Sebaliknya, untuk perubahan penurunan harga paling rendah adalah daging sapi (Pasar Banjarsari) dan perubahan penurunan harga paling tinggi adalah kerupuk udang (Pasar Banjarsari).

Baca Juga: SD Sukasono 3 Diproyeksikan Jadi Sekolah Percontohan Berstandar AKB

"Komoditi yang mengalami kenaikan tersebut diakibatkan karena ketersediaan di Pasar berkurang, sedangkan permintaan konsumen meningkat. Komoditi yang lainnya, baik sektor hasil pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, industri dan bahan bangunan relatif cukup stabil," kata David kepada wartawan Kabar Priangan, Agus Berrie.

Halaman:

Editor: Parama Ghaly


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x