Berkarya dengan Modal Terbatas di Era Digital, LPS Gelar Roadshow Festival CreArtive 2023 di Bandung

- 2 Oktober 2023, 09:03 WIB

ZONA PRIANGAN – Ajang kompetisi video pendek dan poster iklan layanan masyarakat tentang isu keuangan digelar oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Ajang tersebut bernama Festival CreArtive 2023. Untuk mempromosikan Festival CreArtive tersebut, LPS menggelar roadshow di 3 kota dimulai dari kota Bandung pada Rabu 27 September 2023.

Tahun 2023 ini, LPS menggandeng sineas dan penulis skenario film ternama Fajar Nugros sebagai salah satu dewan juri dan turut hadir pada Roadshow di Bandung dengan tema "Apakah Perlu Modal Besar untuk Membuat Sebuah Film," untuk menginspirasi para kreator muda tentang potensi berkarya dengan sumber daya yang terbatas namun menghasilkan karya yang berkualitas.

Dalam kunjungannya ke Bandung, Fajar Nugros mengatakan bahwa di era teknologi yang semakin maju seperti sekarang ini, membuat karya seni, termasuk film, menjadi lebih mudah. Tak sedikit gadget, termasuk smartphone, saat ini telah dilengkapi dengan kamera berkualitas tinggi yang memungkinkan siapa pun untuk membuat foto atau video berkualitas. Menurutnya, dengan kreativitas yang tinggi, video atau film yang dibuat dengan modal terbatas dan peralatan yang sederhana dapat berubah menjadi karya seni yang menarik untuk dinikmati.

Sebagai salah satu dewan juri kompetisi Festival CreArtive LPS 2023, lebih jauh Fajar menjelaskan bahwa kreativitas adalah salah satu hal yang dapat dimanfaatkan untuk mentransformasikan pesan-pesan seputar keuangan yang selama ini terkesan ‘kurang diterima’ oleh sebagian masyarakat, menjadi pesan yang lebih menarik dan mudah diterima publik. Ia pun menyampaikan keyakinannya bahwa Bandung yang dikenal luas sebagai tempat lahirnya banyak insan seni dan kreatif Tanah Air, memiliki potensi besar untuk berkontribusi dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat melalui karya-karya generasi mudanya.

Tak lupa, Fajar membagikan kiat kepada kreator muda Bandung yang tertarik untuk berpartisipasi dalam kompetisi ini, “Selain membuat karya yang fun dan unik, yang terpenting bagi peserta adalah menguasai topik. Bebas berekspresi, namun tetap perlu memastikan agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat umum.” 

Kepala Tim Komunikasi Publik Lembaga Penjamin Simpanan, Anggia Raniardhy, mengatakan bahwa  LPS berkomitmen untuk terus mendukung berbagai upaya yang bertujuan meningkatkan literasi keuangan masyarakat melalui pendekatan industri kreatif dan media sosial yang kian berkembang pesat dan menjadi sarana yang efektif untuk menyebarkan pesan. “Tingginya minat generasi muda untuk menyalurkan kratifitasnya dalam bentuk audio visual menjadi salah satu alasan mengapa kami memilih video dan poster iklan layanan masyarakat sebagai sarana untuk menyebarkan pesan yang efektif pentingnya melek finansial khususnya generasi muda” ujarnya.

LPS berharap para peserta yang akan berpartisipasi dalam kompetisi ini untuk mengekspresikan ide kreatif dan menciptakan karya yang tidak hanya menghibur tetapi juga memiliki nilai edukatif, pesan mengenai literasi keuangan yang dapat lebih mudah diterima oleh masyarakat. Serta semoga lomba ini dapat menciptakan talenta-talenta baru di bidang pembuatan video yang dapat mewarnai industri kreatif indonesia.

Setelah mengunjungi Bandung (27 September 2023), roadshow Festival CreArtive LPS 2023 akan digelar di Yogyakarta (4 Oktober 2023) dan kemudian Jakarta (17 Oktober 2023) untuk menginspirasi lebih banyak generasi muda di seluruh Indonesia untuk terus berkarya, memajukan industri kreatif tanah air, dan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan bangsa, terutama dalam bidang keuangan.***

Images Lainnya

Terpopuler

Kabar Daerah

x