Waspadai Penipuan Lowongan Kerja Mengatasnamakan PLN

- 16 September 2020, 14:25 WIB
Ilustrasi lowongan kerja./Pixabay/Parveender /

ZONA PRIANGAN - Waspadai aksi penipu melakukan penipuannya melalui rekrutmen atau lowongan kerja.

Seperti beredarnya informasi lowongan kerja atau rekrutmen PLN tingkat SMA hingga S1 dengan mengatasnamakan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) (PLN), yang merupakan informasi palsu atau penipuan.

Pasalnya PT PLN tidak membuka lowongan pekerjaan, dan alamat email yang disampaikan dalam informasi itu pun tidak sama dengan email resmi milik PLN.

Baca Juga: DPRD Beri Penjelasan Terkait Polemik Anggaran Perubahan Kabupaten Bandung

Vice President Public Relations PLN, Arsyadany G. Akmalaputri, menjelaskan, PLN tidak melakukan korespondensi terkait rekrutmen dan tidak memungut biaya apapun selama pelamar mengikuti seleksi yang diselenggarakan perusahaan.

Selain itu, tidak ada sistem refund atau penggantian biaya transportasi dan akomodasi yang berkaitan dengan pelaksanaan seleksi. "Untuk rekrutmen, kami tegaskan, PLN tidak memungut biaya apapun kepada peserta rekrutmen ataupun calon pegawai," ujar Arsyadany dalam keterangannya, Selasa 15 September 2020.

Untuk rekrutmen karyawan baru, PLN hanya merekrut pegawai melalui alamat web rekrutmen.pln.co.id. Pelamar cukup masuk ke aplikasi dan mendaftar sebagai anggota dengan menyiapkan soft copy KTP, foto, ijazah, transkrip akademik, akta kelahiran, dan sertifikasi kemampuan bahasa Inggris (TOEFL ITP, TOEFL IBT, TOEFL prediction, TOEIC, dan IELTS).

Baca Juga: Pengurus dan Sekretariat DPD SAHI Jabar Dilantik dan Diresmikan di Soreang

"Selain di web rekrutmen.pln.co.id, semua lowongan ataupun panggilan untuk seleksi tidak bisa dipertanggungjawabkan. Jadi, silakan buka web tersebut untuk info rekrutmen," ucap Arsyadany.

Halaman:

Editor: Didih Hudaya ZP


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X