Satgas Citarum Harum Ajak Masyarakat Budidaya Ternak Itik

- 5 Juli 2020, 07:10 WIB
SATGAS Citarum Harum juga turut mensosialisasikan manfaat Bios 44 kepada warga.*/ENGKOS KOSASIH/GALAMEDIA /

ZONA PRIANGAN - Sejumlah warga bersama aparat Desa Majasetra dan Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 4/Majalaya terlihat bersinergi dalam pelaksanaan bimbingan teknis di lokasi demplot Kodam III/Siliwangi inkubasi peternakan dan perikanan berbasis organik di Posko Subdesa Majasetra Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung, Sabtu 4 Juli 2020.

Sejumlah Babinsa di lingkungan Koramil Majalaya dan Solokanjeruk juga turut hadir dalam sosialisasi inovasi Bios 44 agen hayati. Bios 44 merupakan cairan berisi mikroorganisme yang dapat digunakan untuk meningkatkan ketahanan pangan pada sektor pertanian, perikanan dan peternakan.

Pada saat itu, sejumlah warga melihat langsung proses pembuatan cairan Bios 44 dengan menggunakan bibit Bios 44 yang dicampur dengan air, gula pasir dan ragi. Cairan tersebut bisa digunakan untuk pembuatan pakan ternak dan ikan melalui proses permentasi.

Baca Juga: Kasad Dampingi Menhan RI Kunjungan Kerja ke Akmil Magelang

Kebetulan di lokasi demplot tersebut sudah dilaksanakan budidaya ternak itik atau bebek, dan budidaya ikan lele. Kemudian untuk pakan ternak dan ikan lele itu memanfaatkan maggot dari hasil budidaya warga setempat.

Dengan adanya demplot tersebut, warga juga turut teredukasi mengenai proses pemanfaatan Bios 44 hingga budidaya peternakan dan perikanan.

Satgas Citarum Harum juga turut mensosialisasikan manfaat Bios 44 kepada warga untuk budidaya berbagai jenis sayuran, mulai sayur kangkung, bawang daun dan sayuran lainnya.

Baca Juga: Rio Ramadhan Rilis Single Sebagai Ungkapan Terhadap Kekeyi

Bantu pemerindah daerah

Halaman:

Editor: Parama Ghaly


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X