BPOM Dinilai Tak Netral Buat Kebijakan, Pakar: Pelabelan BPA Free Khusus Galon Guna Ulang Resahkan Masyarakat

- 9 Februari 2022, 23:20 WIB
Pekerja memindahkan galon di salah satu depo pengisian air minum dalam kemasan Daan Mogot, Jakarta, beberapa waktu lalu. BPOM Dinilai Tak Netral Buat Kebijakan, Pakar: Pelabelan BPA Free Khusus Galon Guna Ulang Resahkan Masyarakat.
Pekerja memindahkan galon di salah satu depo pengisian air minum dalam kemasan Daan Mogot, Jakarta, beberapa waktu lalu. BPOM Dinilai Tak Netral Buat Kebijakan, Pakar: Pelabelan BPA Free Khusus Galon Guna Ulang Resahkan Masyarakat. /ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/

ZONA PRIANGAN - Terkait pelabelan BPA Free yang hanya dikenakan kepada galon berbahan polikarbonat (PC), Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dinilai tidak bersikap netral dalam hal membuat kebijakan tersebut.

Hal ini disinyalir ada tekanan politik di dalamnya terhadap BPOM terkait kebijakan yang kurang memperhatikan fairness persaingan usaha antara galon air minum guna ulang berbahan PC dengan galon air minum sekali pakai berbahan PET.

Pengamat Kebijakan Publik, Agus Pambagio, mengatakan kebijakan BPOM terkait pelabelan BPA Free khusus galon guna ulang itu sangat meresahkan masyarakat.

Baca Juga: Terkait Rencana Pelabelan BPA Free Galon Guna Ulang, Kemenko Perekonomian Minta BPOM Kaji Ulang

"Kebijakan ini keluar lebih diakibatkan adanya persaingan bisnis di dua industri besar air minuman dalam kemasan (AMDK). Sebagai lembaga pengawas makanan, BPOM seharusnya tidak ikut campur dalam masalah ini," katanya belum lama ini.

Dalam hal ini, Agus melihat ada sebuah tekanan politik yang membuat BPOM "terpaksa" mengeluarkan kebijakan pelabelan BPA Free khusus untuk galon PC dan tidak untuk kemasan lainnya yang juga mengandung bahan yang sama serta kemasan lain yang juga dalam bentuk monomernya bisa membahayakan kesehatan jika migrasinya melebihi batas ambang aman yang ditetapkan BPOM sendiri.

Agus menilai, keputusan ini menjadi sebuah keanehan jika selama puluhan tahun BPOM tidak mewajibkan pelabelan BPA Free terhadap galon PC ini.

Baca Juga: Sebelum Revisi Peraturan Label AMDK Dilakukan, BPOM Harus Membuat Kajian Dampak atas Regulasi Tersebut

"Ini aneh, kok setelah adanya tekanan dari sebuah lembaga yang tidak memiliki ilmu soal BPA ini, BPOM jadi dengan gampangnya berubah pikiran. Pasti ada tekanan politik dari pihak lain yang menggunakan lembaga tersebut untuk menekan BPOM," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Yurri Erfansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x