Imbas dari Jatuhnya Harga Saham, Nilai Bitcoin Terjun Bebas ke Level Terendah dalam 10 Bulan Terakhir

- 10 Mei 2022, 10:17 WIB
Representasi bitcoin terlihat dalam gambar ilustrasi.
Representasi bitcoin terlihat dalam gambar ilustrasi. /NDTV.COM

ZONA PRIANGAN - Nilai Bitcoin mengalami penurunan hingga ke level terendah sejak Juli 2021 pada hari Senin yang diakibatkan dari merosotnya pasar ekuitas yang berdampak buruk terhadap cryptocurrency, yang saat ini diperdagangkan sejalan dengan apa yang disebut aset berisiko seperti saham teknologi.

Bitcoin turun ke level $32.763,16 atau sekitar Rp475,6 juta sesaat sebelum 1100 GMT, dalam sesi penurunan kelima berturut-turut.

Cryptocurrency telah turun 13% sejauh ini di bulan Mei dan telah kehilangan lebih dari setengah nilainya sejak mencapai level tertinggi sepanjang masa $69.000 atau sekitar Rp1 miliar pada November tahun lalu.

Baca Juga: 'Ikatan Cinta' Selasa 10 Mei 2022: Andin Syok, Al Buktikan Janjinya untuk Kembali pada Keluarga Tercinta

“Saya pikir semua yang ada di dalam kripto masih digolongkan sebagai aset berisiko, dan mirip dengan apa yang telah kita lihat dengan Nasdaq, sebagian besar mata uang kripto terpukul,” kata Matt Dibb, COO platform kripto yang berbasis di Singapura, Stack Funds, dikutip ZonaPriangan.com dari Reuters.

Saham teknologi Nasdaq turun 1,5% pada minggu lalu, dan telah kehilangan 22% pada tahun ini, dirugikan oleh prospek inflasi yang terus-menerus memaksa Federal Reserve AS untuk menaikkan suku bunga meskipun pertumbuhan melambat. Nasdaq berjangka turun lebih lanjut 2,3% pada hari Senin.

Dibb mengatakan faktor lain dalam penurunan selama akhir pekan - bitcoin ditutup pada hari Jumat sekitar $ 36.000 - adalah likuiditas pasar crypto yang terkenal rendah selama akhir pekan, dan juga ketakutan jangka pendek bahwa stablecoin algoritmik yang disebut Terra USD (UST) dapat kehilangan pasaknya terhadap dolar.

Baca Juga: Erik Finman Jadi Jutawan Bitcoin Termuda pada Usia 18 setelah Berinvestasi sejak Usia 12 Tahun

Stablecoin adalah token digital yang dipatok ke aset tradisional lainnya, seringkali dolar AS.

Halaman:

Editor: Didih Hudaya ZP

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x