Dubai Airshow: Emirates dan flyDubai Sikat 125 Pesawat Boeing, Tantang Airbus untuk Bersaing

- 14 November 2023, 08:00 WIB
CEO Boeing Commercial Airplanes Stanley Deal berpose dengan COO maskapai penerbangan Emirates Adel Al Redha dan CEO flyDubai Ghaith Al Ghaith setelah maskapai penerbangan Emirates dan flyDubai melakukan pemesanan di Dubai Airshow untuk pesawat baru dari Boeing, di Dubai, UEA, 13 November 2023.
CEO Boeing Commercial Airplanes Stanley Deal berpose dengan COO maskapai penerbangan Emirates Adel Al Redha dan CEO flyDubai Ghaith Al Ghaith setelah maskapai penerbangan Emirates dan flyDubai melakukan pemesanan di Dubai Airshow untuk pesawat baru dari Boeing, di Dubai, UEA, 13 November 2023. /REUTERS/Alexander Cornwell

ZONA PRIANGAN - Maskapai Dubai mengajukan tantangan kepada pesaing regional yang sedang muncul lewat pesanan pesawat Boeing senilai lebih dari $50 miliar atau sekitar Rp783,7 triliun pada hari Senin, seiring dengan intensifikasi persaingan untuk mengamankan pasokan pesawat jarak jauh yang semakin berkurang dan mengantisipasi pertumbuhan perjalanan internasional.

Maskapai yang dimiliki pemerintah, Emirates, dan maskapai saudaranya, flyDubai, memesan 125 pesawat wide-body Boeing pada pembukaan Dubai Airshow, namun meninggalkan pesanan untuk pesawat serupa A350 dari Airbus.

Pesanan tersebut mencakup 55 pesawat Boeing 777-9 dengan kapasitas 400 kursi dan 35 pesawat 777-8 yang lebih kecil, memberikan dorongan bagi program besar yang dikenal sebagai 777X, yang selama lima tahun terakhir mengalami keterlambatan.

Baca Juga: Kesepakatan IndiGo dengan Boeing dan Airbus Berpotensi Memecahkan Rekor Pembelian Jet Penumpang

Emirates juga memesan lima Dreamliner 787 tambahan, sementara flyDubai memesan 30 pesawat tipe yang sama dalam pesanan jarak jauh pertamanya.

"Pesanan ini bersama-sama mencerminkan investasi yang signifikan yang mencerminkan komitmen Dubai terhadap masa depan penerbangan," kata Chairman Emirates dan flyDubai, Sheikh Ahmed bin Saeed Al Maktoum, dikutip ZonaPriangan.com dari Reuters.

Dia mengatakan Emirates berharap menerima 777X pada tahun 2025, sesuai dengan target terbaru Boeing.

Baca Juga: Air India Memborong Hampir 500 Pesawat Jet Airbus dan Boeing di Bawah Pemilik Baru Tata Group

Industri penerbangan dan pariwisata sangat penting bagi ekonomi Dubai, yang kurang memiliki kekayaan minyak dibandingkan dengan banyak negara tetangganya.

Halaman:

Editor: Toni Irawan

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x