Kesepakatan IndiGo dengan Boeing dan Airbus Berpotensi Memecahkan Rekor Pembelian Jet Penumpang

- 7 Maret 2023, 00:34 WIB
Sebuah pesawat IndiGo Airlines Airbus A320 lepas landas di Colomiers dekat Toulouse, Prancis, 19 Oktober 2017.
Sebuah pesawat IndiGo Airlines Airbus A320 lepas landas di Colomiers dekat Toulouse, Prancis, 19 Oktober 2017. /REUTERS/Regis Duvignau

ZONA PRIANGAN - Maskapai penerbangan berbiaya hemat India, IndiGo, sedang dalam pembicaraan dengan Boeing dan pemasoknya saat ini, Airbus, untuk memesan lebih dari 500 jet penumpang.

Kesepakatan ini berpotensi memecahkan rekor industri yang ditetapkan oleh saingan domestiknya, Air India, beberapa pekan lalu, kata sumber-sumber industri.

Hingga saat ini, maskapai penerbangan terbesar di India itu merupakan pembeli eksklusif jet berbadan sempit dari Airbus dan Menteri Keuangan Perancis Bruno Le Maire mengatakan bulan lalu bahwa IndiGo hampir memesan beberapa ratus pesawat dari produsen pesawat asal Eropa tersebut.

Baca Juga: Indonesia akan Memperketat Pengawasan Impor Sepatu Bekas, Buntut dari Laporan Reuters yang Viral

Namun, negosiasi untuk terus memperbarui armada maskapai berbiaya hemat mulai akhir dekade ini juga telah meluas hingga mencakup jet berbadan lebar berukuran sedang, yang memicu persaingan antara 787 Dreamliner Boeing dan Airbus A330neo yang telah diperbarui, kata sumber tersebut.

IndiGo, yang dimiliki oleh InterGlobe Aviation Ltd, juga membandingkan A320neo dengan Boeing 737 MAX karena pesawat ini merupakan pesanan baru untuk jet berbadan sempit, tambah mereka. Perbedaan antara jet berbadan lebar dan sempit tidak segera terlihat jelas.

Perusahaan ini menjadi salah satu pelanggan terbesar Airbus dan sejauh ini telah memesan total 830 pesawat jet keluarga Airbus A320, di mana 488 di antaranya masih harus dikirim.

Baca Juga: Air India Memborong Hampir 500 Pesawat Jet Airbus dan Boeing di Bawah Pemilik Baru Tata Group

Namun para analis India mengatakan bahwa Airbus akan menghadapi persaingan yang lebih ketat untuk mendapatkan pesanan pesawat berbadan lebar.

Halaman:

Editor: Toni Irawan

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x