Untuk Pertama Kalinya Rusia Meluncurkan Perbankan Islam, Inilah Alasannya

- 29 November 2023, 20:46 WIB
 Vladimir Putin.*
Vladimir Putin.* /aa.com

ZONA PRIANGAN - Di tengah perang dengan Ukraina dan tidak berhentinya sanksi Barat, Pemimpin Rusia Vladimir Putin meluncurkan sistem perbankan Islam untuk pertama kalinya sebagai bagian dari program pilot proyek selama dua tahun yang dimulai 1 September 2023.

Dengan populasi Muslim yang cukup besar, diperkirakan hingga 25 juta, berbagai institusi keuangan Islam telah ada di Rusia hingga kini, tetapi ini pertama kalinya badan legislasi negara ini telah secara resmi mensahkan peluncurannya.

Bulan lalu, 4 Agustus, Presiden Rusia Vladimir Putin menandatangani sebuah hukum yang memperkenalkan perbankan Islam untuk menilai “kelayakannya”.

Baca Juga: Perang Drone di Kyiv: Ukraina Klaim Hancurkan 15 dari 20 Serangan Rusia

Program pilot ini akan dilakukan di empat republik mayoritas Muslim, Tatarstan, Bashkortostan, Chechnya, dan Dagestan, kawasan yang sudah sangat berpengalaman dalam keuangan Islam.

Seperti dilaporkan Al Jazeera, bila program ini terbukti berhasil, rencananya akan diperkenalkan regulasi baru untuk seluruh Rusia.

Perbankan Islam dijalankan berdasarkan Syariah, sistem hukum Islam yang melarang transaksi yang melibatkan riba, atau beban bunga, karena dianggap tidak adil.

Baca Juga: Ekonomi Rusia Makin Terpuruk, Posisi Vladimir Putin Makin Mudah Digoyang Elit yang Biasa Berebut 'Pai'

Di mana keuangan konvensional berbasis utang dan nasabah menanggung seluruh risiko dan tanggung jawab dalam transaksi, sementara perbankan Islam berbasis aset, dengan keuntungan dan risiko ditanggung bersama antara institusi keuangan dan nasabah sebagai bagian dari kemitraan.

Halaman:

Editor: Didih Hudaya ZP

Sumber: Al Jazeera


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x