10 Tanda Peringatan Penyakit Jantung

- 7 April 2024, 19:00 WIB
Waspadai rasa sakit, sesak, berat atau tekanan di dada Anda, yang mungkin merupakan tanda serangan jantung.
Waspadai rasa sakit, sesak, berat atau tekanan di dada Anda, yang mungkin merupakan tanda serangan jantung. /Unsplash.com

ZONA PRIANGAN - Dalam kehidupan modern yang serba cepat ini, seringkali kita terjebak dalam rutinitas yang padat dan kurang memperhatikan kesehatan jantung kita. Namun, jantung adalah mesin vital yang mempertahankan kehidupan kita, dan memberikan tanda-tanda peringatan ketika ada masalah. Dalam tulisan ini, kita akan mengeksplorasi sepuluh tanda peringatan yang harus diwaspadai, mengingat pentingnya mendengarkan tubuh dan memberikan perhatian khusus terhadap kesehatan jantung.

Dengan pengetahuan yang tepat, kita dapat mengambil langkah-langkah preventif yang diperlukan untuk menjaga jantung kita tetap sehat dan berdenyut kuat.

Penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian utama di dunia, jadi penting untuk mengetahui gejalanya agar kita bisa melakukan langkah yang tepat agar segera mendapat pertolongan dari tenaga medis sesegera mungkin.

Baca Juga: Studi Terbaru: Hubungan Mikroplastik dengan Risiko Serangan Jantung dan Stroke

Berikut ini 10 tanda peringatan yang bisa mengindikasikan masalah jantung yang berhasil dirangkum oleh ZonaPriangan.com dari NDTV.

  1. Waspadai rasa sakit, sesak, berat atau tekanan di dada Anda, yang mungkin merupakan tanda serangan jantung.
  2. Kesulitan bernapas atau merasa sesak, terutama saat beraktivitas atau saat istirahat, bisa menjadi tanda adanya masalah jantung.
  3. Waspadai segala ketidakteraturan para ritme jantung Anda, seperti detak jantung yang cepat atau terlewat, jantung berdebar atau jantung berdebar kencang.
  4. Kelelahan yang terus menerus atau rasa lelah yang berlebihan, bahkan setelah cukup istirahat atau beraktivitas sehari-hari, bisa jadi merupakan tanda adanya masalah jantung.
  5. Merasa pingsan, pusing, terutama disertai sesak napas atau rasa tidak nyaman di dada, sebaiknya segera periksa ke ahli medis profesional.
  6. Waspadai pembengkakan yang tiba-tiba atau berlebihan di tungkai, pergelangan kaki, kaki atau perut Anda karena ini mungkin mengindikasikan masalah jantung.
  7. Batuk kronis yang mengeluarkan dahak berlumuran darah berwarna merah muda atau putih yang bisa jadi merupakan tanda gagal jantung.
  8. Kadang-kadang masalah jantung dapat bermanifestasi sebagai masalah pencernaan, yang menyebabkan gejala seperti mual, mulas atau sakit perut.
  9. Jangan abaikan nyeri yang tidak diketahui penyebabnya pada rahang, leher atau punggung karena dapat dikaitkan dengan masalah jantung, terutama pada wanita.
  10. Jika Anda terus menerus mengalami kelelahan, sesak napas atau rasa tidak nyaman di dada saat melakukan aktivitas fisik, hal ini mungkin merupakan tanda adanya masalah jantung.

Baca Juga: 6 Ngemil Sehat untuk Jantung: Buah Beri Hingga Cokelat Hitam!

Dalam kehidupan yang penuh dengan kesibukan dan tantangan, seringkali kita cenderung mengabaikan tanda-tanda peringatan yang disampaikan oleh tubuh kita.

Namun, kesehatan jantung adalah aspek yang tak boleh diabaikan. Dari gejala yang sederhana hingga tanda yang lebih serius, tubuh kita memberikan sinyal yang perlu diperhatikan dengan seksama.

Dengan mengetahui dan mengenali 10 tanda peringatan penyakit jantung, kita dapat mengambil langkah-langkah preventif yang tepat untuk menjaga kesehatan jantung kita.

Halaman:

Editor: Toni Irawan

Sumber: NDTV


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah