Menopause Pria: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

- 11 April 2024, 16:09 WIB
Pengalaman menopause pada pria sangat bervariasi, tergantung pada kepribadian mereka.
Pengalaman menopause pada pria sangat bervariasi, tergantung pada kepribadian mereka. /Unsplash.com/Tom Pumford

ZONA PRIANGAN - Apakah Anda pernah mengalami sebuah kondisi, di mana terjadinya peningkatan berat badan, serangan panas, atau merasa kurang bergairah secara seksual? Apakah pasanganmu juga pernah memperhatikan hal-hal tersebut? Ini hanyalah beberapa gejala dari menopause pria, sebuah kondisi medis yang sebagian besar orang mengabaikannya.

Wanita memiliki cadangan ovarium tetap, yang secara bertahap berkurang seiring waktu dan mengarah pada menopause, seperti yang banyak diketahui.

Meskipun pria tidak mengalami menopause, penurunan tiba-tiba dalam hormon testosteron menyebabkan mereka mengalami masalah serupa.

Baca Juga: Mengenal 10 Makanan yang Mampu Memperbaiki Stamina dan Mempercepat Penurunan Berat Badan

Andropause, atau yang lebih dikenal sebagai menopause pria, adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskannya. Ketika pria menua, mereka mengalami berbagai perubahan, termasuk kehilangan massa otot dan rambut beruban.

Perubahan yang signifikan yang diamati pada pria adalah penurunan tingkat testosteron mereka.

"Topik ini jarang diselidiki karena tidak ada banyak penelitian tentangnya, penarikan hormon tidak seburuk yang terjadi pada wanita, dan Anda tidak mati karena penurunan hormon gonad," kata Dr. Shobha Gupta, Direktur Medis dan Pakar IVF dari Mother's Lap IVF Centre di New Delhi dan Vrindavan, dikutip ZonaPriangan.com dari NDTV.

Baca Juga: Menu Seimbang: Mengapa Nasi Bukanlah Musuh Penurunan Berat Badan

"Ketika pria mengalami ini, biasanya disebabkan oleh kombinasi faktor seperti stres di tempat kerja, stres dalam pernikahan, stres dalam pengelolaan hidup, dan pilihan gaya hidup, selain penurunan hormon," Apa sebenarnya andropause itu?"

Halaman:

Editor: Toni Irawan

Sumber: NDTV


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah