Mengungkap Misteri Otak Manusia: Pemindai MRI Terkuat di Dunia Memberikan Gambar Pertama

- 3 April 2024, 23:56 WIB
Ilustrasi hasil tes MRI.
Ilustrasi hasil tes MRI. /Pexels.com/Anna Shvets

ZONA PRIANGAN - MRI terkuat di dunia telah memberikan gambar-gambar pertamanya dari otak manusia, mencapai tingkat presisi baru yang diharapkan akan memberikan lebih banyak penjelasan tentang pikiran kita yang misterius - dan penyakit yang menghantuinya. Para peneliti di Komisi Energi Atom Prancis (CEA) pertama kali menggunakan mesin ini untuk memindai labu pada tahun 2021.

Namun, otoritas kesehatan baru-baru ini memberikan lampu hijau kepada mereka untuk memindai manusia.

Dalam beberapa bulan terakhir, sekitar 20 relawan sehat menjadi orang pertama yang masuk ke dalam rongga mesin pemindaian resonansi magnetik (MRI) yang terletak di daerah Plateau de Saclay di selatan Paris, tempat banyak perusahaan teknologi dan universitas berada.

Baca Juga: Merinding, Seorang Ibu Kaget Melihat Hasil MRI Bayi yang di Kandungnya Ternyata Mirip dengan Wajah Iblis

"Kami telah melihat tingkat presisi yang belum pernah tercapai sebelumnya di CEA," kata Alexandre Vignaud, seorang fisikawan yang bekerja pada proyek tersebut, dikutip ZonaPriangan.com dari AFP.

Medan magnet yang diciptakan oleh pemindai ini mencapai 11,7 tesla, sebuah satuan pengukuran yang dinamai dari penemu Nikola Tesla.

Kekuatan ini memungkinkan mesin ini memindai gambar dengan 10 kali lebih presisi dibandingkan MRI yang umum digunakan di rumah sakit, yang kekuatannya biasanya tidak melebihi tiga tesla.

Baca Juga: Pentingnya Tes Kesehatan Tahunan: Deteksi Dini Kanker dan Penyakit Serius Lainnya

Di layar komputer, Vignaud membandingkan gambar yang diambil oleh pemindai tangguh ini, yang diberi nama Iseult, dengan gambar dari MRI biasa.

Halaman:

Editor: Toni Irawan

Sumber: AFP


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah