Ade Kadarisman dan Jihan Fahira Masuk Bursa Balon DPD RI dari Jawa Barat Periode 2024-2029

- 18 Januari 2023, 23:22 WIB

ZONA PRIANGAN - Dua nama baru meramaikan bursa bakal calon (balon) Senator atau Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2024-2029 dari Propinsi Jawa Barat.

Dua nama baru tersebut diantaranya artis sinetron era 90-an Jihan Fahira, dan akademisi serta pegiat SDGs (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/TPB) Ade Kadarisman yang datang ke Kantor KPU Jawa Barat, Kamis 29 Desember 2022 lalu.

Sesuai agenda, Jihan Fahira terjadwal hadir di Kantor KPU Jawa Barat pada pukul 12.30 WIB, sedangkan Ade Kadarisman pada pukul 16.30 WIB sore. Baik Ade maupun Jihan diterima masing-masing oleh Komisioner KPU Jawa Barat. Di hari terakhir pendaftaran ini, terjadwal sekitar 29 orang lainnya mengirimkan dokumen administrasi dalam rentang waktu yang berbeda hingga tengah malam serta ditayangkan secara live di kanal youtube KPU Jawa Barat.

Sejak Sabtu lalu (23/12) KPU Jawa Barat mulai menerima bakal calon perseorangan peserta pemilu anggota DPD RI. Para balon perseorangan ini harus menyerahkan syarat dukungan sesuai peraturan KPU yang berlaku. Hingga hari ini, sekitar 48 bakal calon (balon) sudah mengirimkan dokumen syarat dukungan sebagai persyaratan awal yang telah ditetapkan.

Usai menyerahkan dokumen administrasi, Ade mengatakan bahwa keputusannya turut berlaga dalam perhelatan menuju DPD RI adalah wujud kepeduliannya untuk mengabdi kepada masyarakat lebih luas melalui parlemen.

"Hidup ini adalah perjuangan dan pengabdian, kita harus siap memberikan yang terbaik untuk masyarakat sesuai kapasitas diri kita masing-masing," kata Wakil Ketua Umum Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Pusat periode 2017-2021, Dewan Juri Nasional Anugrah Kerjasama Diktiristek 2022, mantan Wakil Direktur Unpad SDGs Center (2016) serta Ketua Umum Ikatan Alumni SMAN 2 Kuningan Jawa Barat.

Selain sebagai akademisi, Ade juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan pemberdayaan masyarakat. Diantaranya mendirikan dan mengasuh Komunitas Prakarsa Akar Bumi, sebuah komunitas yang bergerak dalam aktivitas literasi, budaya, dan lingkungan yang mengasuh anak-anak tidak mampu di Cileunyi Kulon Kab.Bandung.

"Di komunitas literasi anak ini, kita buat program Belajar gembira bahasa Inggris dan bahasa Sunda secara gratis serta berbagai program kreativitas anak," papar jebolan Master Studi Pembangunan ITB dan Master of Environment Universite Paris 1 Pantheon Sorbonne, Perancis.

Keinginannya yang kuat untuk mendarmabaktikan diri melalui Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI diharapkan dapat turut berkontribusi terhadap berbagai kebijakan serta rancangan undang-undang yang pro-rakyat, mengusung keberpihakan terutama yang terkait dengan agenda pengentasan kemiskinan, pemberdayaan perempuan, pendidikan untuk semua, ekonomi kerakyatan,kebudayaan,dan perubahan iklim.

"Mohon do’a restu dan dukungan dari seluruh masyarakat Jawa Barat," pungkas mantan Duta Muda Indonesia untuk UNESCO Youth Forum – Perancis 2005.***

Images Lainnya

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x