Inilah Kisah UMKM Bandung ‘Dendeng Kukuruyuk’, Gandeng Peternak Ayam dan Sukses Jualan Makanan di Tokopedia

- 23 November 2023, 10:10 WIB
Inilah kisah UMKM Bandung ‘Dendeng Kukuruyuk’, gandeng peternak ayam dan sukses jualan makanan di Tokopedia.
Inilah kisah UMKM Bandung ‘Dendeng Kukuruyuk’, gandeng peternak ayam dan sukses jualan makanan di Tokopedia. /Zonapriangan.com/Yurri Erfansyah/

ZONA PRIANGAN - Ciptakan peluang bisnis lewat pemanfaatan teknologi, Tokopedia terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal yang mengusung teknologi geo-tagging agar UMKM di seluruh wilayah di Indonesia, termasuk Bandung, punya kesempatan yang sama.

Kepala Divisi Komunikasi Tokopedia, Rizky Juanita Azuz, mengatakan, Hyperlocal Tokopedia terdiri dari berbagai manifestasi, salah satunya Kumpulan Toko Pilihan (KTP) yang merupakan halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli.

"Ada juga layanan pemenuhan pesanan Dilayani Tokopedia yang memungkinkan penjual menitipkan produk, misalnya makanan kering, di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi,” ujar Rizky saat berlangsung Media Workshop Tokopedia bersama UMKM Bandung, Rabu 22 November 2023.

Baca Juga: Tokocrypto Gelar Obras dan Web3 On Campus, Tingkatkan Literasi Finansial dan Investasi Kripto di Jabar

Rizky menjelaskan, manifestasi Hyperlocal Tokopedia lainnya adalah Tokopedia NYAM!, halaman kurasi produk makanan dan minuman dari pelaku usaha di Indonesia termasuk UMKM di Bandung.

Berkat manifestasi Hyperlocal Tokopedia yang konsisten dilakukan, Tokopedia mencatat berbagai dampak positif pada perekonomian daerah di Jawa Barat hingga Bandung.

“Misalnya, Tokopedia mencatat beberapa daerah di Jawa Barat dengan kenaikan jumlah transaksi tertinggi selama semester I 2023 saat pascapandemi dibandingkan semester II 2019 saat prapandemi, yaitu Bandung Barat, Bogor, Kuningan, Majalengka hingga Cimahi, dengan kenaikan rata-rata lebih dari 2 kali lipat,” jelasnya.

Baca Juga: OY! Indonesia, AFTECH dan Danamon Hadirkan Solusi Transaksi Tunai dan Non-tunai yang Aman dan Terintegrasi

Jumlah penjual di Bandung yang tergabung dalam Kumpulan Toko Pilihan (KTP) naik hampir 2 kali lipat di kuartal III 2023 dibandingkan kuartal III 2022.

Halaman:

Editor: Yurri Erfansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x