Pandemi Covid-19 Membuat Industri Terpuruk, Uben: Setiap Hari Ada Buruh Kena PHK

- 18 Juli 2020, 15:31 WIB
 KETUA Pimpinan Cabang Serikat Pekerja Tekstil Sandang dan Kulit Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PC SPTSK SPSI) Kabupaten Bandung, Uben Yunara.*/ISTIMEWA
KETUA Pimpinan Cabang Serikat Pekerja Tekstil Sandang dan Kulit Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PC SPTSK SPSI) Kabupaten Bandung, Uben Yunara.*/ISTIMEWA /

uben

 

ZONA PRIANGAN = Pandemi Covid-19 yang berimbas pada terpuruknya sektor ekonomi, khususnya sektor industri mengakibatkan ribuan buruh terkena dampak pemutusan hubungan kerja (PHK).

Bahkan setiap hari ada saja para buruh yang menjadi korban PHK dari tempat kerjanya.

"Saat ini saja sudah ada 13.000 buruh yang memberikan kuasa kepada kita untuk mengurus nasib mereka dalam hubungan ketenagakerjaan. Hal inilah yang membuat kita harus berjuang, berpikir dan bekerja keras untuk membantu para buruh," kata Ketua Pimpinan Cabang Serikat Pekerja Tekstil Sandang dan Kulit Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PC SPTSK SPSI) Kabupaten Bandung, Uben Yunara, Sabtu 18 Juli 2020.

Baca Juga: Bagi Penggila Vespa, Ini Tips Merawatnya di Masa Pandemi

Uben Yunara mengatakan, kondisi keterpurukan ekonomi yang dialami ribuan buruh Kabupaten Bandung itu, sudah disampaikan ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bandung dan DPRD Kabupaten Bandung.

"Dengan harapan ada audensi untuk membahas penyelesaian persoalan keterpurukan ekonomi yang dialami para buruh tersebut," ungkapnya.

Ia juga mengamati di lapangan, dalam kondisi saat ini masih banyak perusahaan yang membayar upah kerja sebesar 25 persen dari besaran upah minimum Kabupaten Bandung sebesar Rp 3.140.000 per bulan.

Baca Juga: Ilmuwan Mengidentifikasi Enam Jenis Covid-19, Batuk dan Demam Jadi Cirinya

Halaman:

Editor: Parama Ghaly


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x