Microsoft Geser Apple Sebagai Perusahaan Terkaya: Kisah Persaingan di Dunia Teknologi

- 11 Januari 2024, 23:15 WIB
Saham Apple mengakhiri tahun lalu dengan keuntungan sebesar 48%.
Saham Apple mengakhiri tahun lalu dengan keuntungan sebesar 48%. /Reuters

ZONA PRIANGAN - Microsoft berhasil melampaui Apple sebagai perusahaan paling berharga di dunia pada hari Kamis setelah pembuat iPhone itu memulai tahun 2024 dengan awal terburuk dalam beberapa tahun karena meningkatnya kekhawatiran permintaan.

Saham Microsoft yang berbasis di Redmond, Washington, naik 1,5%, memberikan valuasi pasar sebesar $2.888 triliun karena keunggulannya di awal dalam perlombaan untuk menghasilkan uang dari kecerdasan buatan generatif berhasil menarik investor.

Sementara itu, Apple mengalami penurunan sebesar 0,3% dengan kapitalisasi pasar sebesar $2.887 triliun atau sekitar Rp44,9 kuadriliun - pertama kalinya sejak 2021 valuasinya turun di bawah Microsoft.

Baca Juga: Mengungkap Kisah Panjang Kesuksesan: Arm, Apple, dan Era Newton yang Gagal

Saham perusahaan yang berbasis di Cupertino, California, telah turun sebanyak 3,3% pada bulan Januari hingga penutupan terakhir, dibandingkan dengan kenaikan 1,8% pada saham Microsoft.

Pelemahan pada saham Apple mengikuti serangkaian penurunan peringkat yang memunculkan kekhawatiran bahwa penjualan iPhone, sumber pendapatan terbesarnya, akan tetap lemah, terutama di pasar utama China.

"China bisa menjadi beban kinerja dalam beberapa tahun mendatang," demikian kata broker Redburn Atlantic dalam catatan klien pada hari Rabu, menunjuk pada persaingan dari Huawei yang bangkit kembali dan ketegangan antara China dan Amerika Serikat yang telah meningkatkan tekanan pada Apple, dikutip ZonaPriangan.com dari Reuters.

Baca Juga: Pendapatan Apple Naik di Tengah Suramnya Ekonomi yang Menghantam Sektor Teknologi

Brokerage tersebut menambahkan bahwa bisnis layanan Apple - yang menjadi sorotan dalam beberapa kuartal terakhir - menghadapi ancaman karena regulator menyelidiki kesepakatan menguntungkan yang menjadikan Google sebagai mesin pencari default di iOS.

Halaman:

Editor: Toni Irawan

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x