Bingung Gunakan Kemasan Galon AMDK Polikarbonat atau PET, Berikut Saran dari Peneliti IPB

- 30 Maret 2022, 19:09 WIB
Pekerja memindahkan galon di salah satu depo pengisian air minum dalam kemasan di daerah Daan Mogot, Jakarta, beberapa waktu lalu. Bingung gunakan kemasan galon AMDK Polikarbonat atau PET, berikut saran dari peneliti IPB.
Pekerja memindahkan galon di salah satu depo pengisian air minum dalam kemasan di daerah Daan Mogot, Jakarta, beberapa waktu lalu. Bingung gunakan kemasan galon AMDK Polikarbonat atau PET, berikut saran dari peneliti IPB. /ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/

ZONA PRIANGAN - Air minum dalam kemasan (AMDK) ukuran galon yang saat ini ada di pasaran itu ada dua pilihan.

Yakni galon yang berisi 19 liter terbuat dari Polikarbonat (PC) dan yang berisi 15 liter terbuat dari Polietilena Tereftalat (PET).

Di kalangan masyarakat saat ini banyak pertanyaan yang muncul, sebenarnya yang manakah yang lebih baik untuk dipilih dari kedua kemasan ini.

Baca Juga: Plastik PC Miliki Sifat Tahan Panas, Pakar ITB: Galon PET Lebih Beresiko Terkena Sinar Matahari dan Benturan

Dosen dan Peneliti di Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan dan Seafast Center, Institut Pertanian Bogor (IPB), Nugraha Edhi Suyatma, mengatakan untuk membandingkan kedua jenis kemasan galon ini harus dilihat dari beberapa aspek agar lebih adil dan tidak diskriminatif.

"Perbandingan bisa dinilai dari aspek karakteristik fungsional kemasan, aspek lingkungan, aspek keamanan pangan, dan aspek ekonomi," katanya.

Lebih lanjut Nugraha mengatakan, hasil dari perbandingan PC dan PET ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi konsumen dalam memilih produk AMDK dengan galon plastik sesuai kebutuhannya.

Baca Juga: Bertahun-tahun Konsumsi AMDK Galon Guna Ulang, Distributor: Selama Ini Konsumen Tak Pernah Komplain

"Dari sifat fungsional kemasan, plastik PC memiliki banyak keunggulan dibandingkan dari PET. Plastik PC lebih fleksibel, sehingga lebih tahan dari resiko pecah atau retak," jelasnya.

Plastik PC juga, lanjut Nugraha, memiliki ketahanan gores dan ketahanan benturan yang lebih baik dengan suhu transisi gelas (Tg) yang lebih tinggi (Tg PC=150° C; Tg PET = 70° C), sehingga tahan untuk dicuci dengan suhu panas antara 60°-80° C dengan penyikatan menggunakan sikat plastik tanpa menyebabkan kerusakan pada permukaan kemasan.

"Kemasan polikarbonat guna ulang sering disebut juga dengan kemasan multitrip karena mengalami banyak perjalanan, yaitu dari pabrik dikirim ke distributor/toko/penjual lalu dibawa ke konsumen, kemudian kemasan kosong dikembalikan lagi oleh konsumen ke penjual/toko/distributor untuk dikirimkan ke pabrik dan digunakan ulang, dan siklus ini dapat terjadi berulang-ulang hingga kemasan galon PC dianggap tidak layak lagi karena rusak/pecah," paparnya.

Halaman:

Editor: Yurri Erfansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x