Reddit Siap Meluncurkan Penawaran Umum Perdana (IPO) pada Maret Mendatang

- 22 Januari 2024, 00:20 WIB
Pendapatan iklan Reddit hingga 2023 lalu berhasil meraup $800 juta atau sekitar Rp12,4 triliun.
Pendapatan iklan Reddit hingga 2023 lalu berhasil meraup $800 juta atau sekitar Rp12,4 triliun. /Reuters

ZONA PRIANGAN - Reddit, forum online yang populer dengan komunitas-komunitas yang ramai dan konten-konten yang seringkali lucu, akhirnya bersiap untuk meluncurkan Penawaran Umum Perdana (IPO) pada bulan Maret, menurut Reuters. Ini merupakan tonggak penting bagi Reddit, yang telah menghadapi sejumlah tantangan dalam perjalanan menuju debut publiknya.

Meskipun penilaian final akan ditentukan menjelang hari besar, sumber menyebutkan bahwa Reddit berusaha untuk mencapai nilai sehat sebesar $10 miliar atau sekitar Rp156 triliun dengan menawarkan sekitar 10% sahamnya.

Reddit berhasil menghasilkan pendapatan iklan sebesar $800 juta atau sekitar Rp12,4 triliun hingga tahun 2023, meningkat lebih dari 20% secara tahunan meskipun proyeksi lebih dari $1 miliar atau sekitar Rp15,6 triliun, menurut The Information.

Baca Juga: Viral di Reddit, Penanak Nasi Bikin Nasi Lebih Gurih dan Ini Penyebabnya, Mungkin Bikin Anda Mual

Jika IPO Reddit berjalan lancar, ini akan menjadi kali pertama sebuah platform media sosial menjadi perusahaan tercatat secara publik sejak Pinterest pada tahun 2019.

Didirikan pada tahun 2005 oleh pengembang web Steve Huffman dan pengusaha Alexis Ohanian, Reddit terkenal dengan kelompok diskusi khususnya dan pengguna yang memberikan suara "atas" atau "bawah" pada konten yang diposting oleh anggota lainnya.

Perusahaan ini, yang mendapatkan pendapatannya terutama melalui iklan dan juga menawarkan akses premium seharga $5.99 (sekitar Rp93 ribu) per bulan, belum berhasil mencetak keuntungan, kata Huffman dalam unggahan Reddit bulan Juni lalu.

Baca Juga: Video Lucu Seekor Beruang 'Mengusir' Seorang Wanita dari dalam Mobil, Viral di Reddit

Sebelumnya, perusahaan ini mengaitkan kerugiannya dengan investasi dalam platform dan kurangnya keterlibatan pengguna dalam iklan di situsnya dibandingkan dengan media sosial lainnya.

Halaman:

Editor: Toni Irawan

Sumber: Reuters The Information


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x